Latest News

Persiapan IELTS - Sukses Mencapai Nilai Terbaik

Persiapan IELTS merupakan Kunci Sukses Mencapai Nilai Terbaik IELTS. Tidak dipungkiri bahwa dalam setiap pencapaian tujuan dibutuhkan kemampuan yang memadai untuk meraihnya. Demikian pula dengan Ujian IELTS, persiapan  IETLS terbaik akan memberikan  kontribusi pada pencapaian nilai akhir IETLS yang diraih. Tidak ada sesuatu yang luarbiasa dari persiapan yang biasa biasa.

Cara Persiapan IELTS

Ada banyak cara dalam melakukan persiapan IELTS. Ada yang memilih belajar mandiri dan ada yang mengikuti kursus di lembaga pendidikan bahasa Inggris. Masing-masing memiliki keunggulannya masing-masing bergantung kondisi dari setiap orang yang melakukannya.

Belajar IETLS mandiri dapat dilakukan dengan menggunakan referensi yang banyak tersedia. Misalkan dengan membeli buku-buku yang tersedia di Toko Buku. Atau dengan mendownload bahan materi dari Internet. Selanjutnya materi dibaca dan dipahami sekaligus berlatih secara teratur menyesuaikan waktu dari setiap orang yang melakukannya.


Berbeda dengan Persiapan IELTS melalui lembaga pendidikan. Di tempat kursus ini, akan tersedia materi yang sudah dipersiapkan sebelumnya oleh lembaga tersebut, sehingga memudahkan setiap peserta yang mengikuti aktifitas tersebut. Adanya tutor atau pengajar akan sangat membantu dalam membedah setiap materi yang disajikan termasuk tips tips agar mendapatkan nilai terbaik. Belajar bersama-sama dengan rekan lainnya akan memberikan semangat  untuk lebih berhasil dalam melakukan ujian, termasuk menghilangkan rasa bosan atau malas apabila dilakukan sendirian.

Gambar Singkat IELTS

IELTS atau International English Language Testing System merupakan sebuah sistem sertifikasi yang digunakan untuk memastikan penguasaan bahasa Inggris yang memadai dari setiap individu. Dikembangkan lebih dari 21 tahun yang lalu, IELTS telah digunakan di lebih 800 lokasi ujian di 130 negara. Para perserta IELTS ini menggunakan hasil ujian untuk kebutuhan imigrasi, pendidikan dan pekerjaan.

Ujian IELTS terbagi atas empat bagian yang masing-masing memiliki penekanan terhadap penguasaan bahasa. Pertama adalah Listening Test atau tes mendengarkan, dimana rekaman suara berupa pembicaraan atau penjelasan berupa pidato diperdengarkan, selanjutnya peserta test diminta untuk menjawab pertanyaan yang ada di berkaitan dengan suara rekaman tersebut. Disini kemampuan mendengar dan menuliskan jawaban dengan benar saling berkaitan. Mengetahui jawaban namun salah dalam menuliskan tidak akan mendapatkan nilai.

Ujian IELS bagian kedua adalah Reading Test atau tes membaca. Kali ini ujian akan berkaitan dengan kemampuan membaca. Hampir serupa dengan ujian Toefl bagi yang pernah mengikutinya. Hal yang menantang adalah soal cerita atau narasi yang sangat panjang dan pertanyaan-pertanyaan yang terkadang dalam bentuk pemahaman terhadap materi sehingga jawaban tidak secara langsung ada di dalam materi tersebut.

Bagian ketiga dari Ujian IELTS adalah Writing Test atau tes menulis.  Di bagian ini, peserta diminta untuk menulis dua buah karangan dengan jumlah kata antara 250 - 500 kata. Kira kira setengah hingga tiga per empat halaman, tulisan normal. Dalam menulis ada tema yang diminta peserta untuk mengembangkan dari materi tersebut, misalkan tentang kerusakan lingkungan hidup atau mengambarkan sebuah grafik.

Dan terakhir adalah Speaking Test atau tes berbicara. Bagian yang bagi sebagian orang sulit karena sangat jarang menggunakan bahasa Inggris dalam aktifitas sehari hari. Di bagian terakhir ini, kita akan dihadapkan oleh seorang pewawancara, seorang native, berbangsa asing, untuk berbicara langsung dengan kita. Pembicaraan akan dimulai dengan pertanyaan sederhana tentang diri lalu berkembang ke arah opini atau pendapat terhadap sebuah isu. Kemampuan berbicara secara lancar dan jelas termasuk tata bahasa yang benar serta penguasaan kosa kata akan menjadi bahan penilaian tersendiri.


Siap mengiuti ujian IELTS? Persiapankan diri lebih baik untuk mencapai Nilai Terbaik.
Ikuti tips persiapan IELTS  dan ujian IELTS di blog ini, persiapan-ielts.blogspot.com.