Latest News

Ujian IELTS - Sertifikasi Berbahasa Inggris bagi Dunia Internasional

Ujian IELTS
Ujian IELTS merupakan Sertifikasi Berbahasa Inggris bagi Dunia Internasional yang telah banyak digunakan oleh banyak institusi dalam mengukur kualifikasi seseorang dalam berbahasa Inggris. Berbeda dengan test sejenis seperti TOEFL, IELTS menguji empat aspek kemampuan berbahasa Inggris yaitu Mendengar (Listening), Membaca (Reading), Menulis (Writing) dan Berbicara (Speaking).

Hal ini yang menjadikan IELTS lebih banyak disukai oleh Institusi pendidikan atau perusahaan karena kemampuan diuji secara lengkap dari seseorang. Kebutuhan terhadap seseorang yang mampu berbahasa Inggris secara praktis lebih ditekankan daripada kemampuan memahami dan berinteraksi secara pasif.




Jenis Ujian IELTS

Secara umum ada dua jenis ujian IELTS. Pertama adalah Ujian IELTS untuk Akademik (Academic). Kedua adalah Ujian IELTS untuk Umum (General Exam). Sesuai dengan namanya, Ujian IELTS Akademik digunakan oleh institusi pendidikan sebagai persyaratan untuk menerima calon mahasiswa. Sedangkan Ujian IELTS untuk Umum, biasanya digunakan untuk persyarakat penerimaan pekerja atau persyaratan Imigrasi. 

Untuk menentukan jenis ujian mana yang akan dipilih, Ujian IELTS disesuaikan dengan permintaan atau kebutuhan dari pihak yang meminta. Sebagai contoh Universitas di Luar Negeri biasanya meminta hasil dari Ujian IELTS Akademik. Sedangkan untuk kebutuhan Imigrasi seperti permintaan Permanent Resident (PR), biasanya dibutuhkan hasil Ujian IELTS General. Kembali lagi, pilihan jenis ujian bergantung kepada kebutuhan dari institusi yang mememintanya.

Dimana Ujian IELTS

Setiap orang dapat mengikuti IELTS dimana saja penyelenggaraan ujian IELTS dilakukan. Di seluruh dunia terdapat kurang lebih 800 institusi yang tersebar di 130 negara. Untuk Indonesia, terdapat empat lembaga yang mendapat kepercayaan untuk menerima pendaftaran ujian IELTS dai tiga belas kota. Ke empat lembaga tersebut adalah IDP Education Pty Ltd, Indonesia Australia Language Foundation (IALF), British Council Indonesia, dan Australia Centre Medan.

Sedangan untuk pelaksanaan Ujian IELTS dapat dipilih di beberapa kota besar di Indonesia. Seperti Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, Yogyakarta, Malang, Batam, Denpasar, Solo, Manado, Semarang, dan Serpong - Tanggerang. Sehingga para peserta Tes IELTS dapat memilih lokasi yang dekat dengan domisili mereka.


Persyaratan dan Biaya Ujian IELTS

Untuk melakukan ujian IELTS, ada persyaratan yang harus dipenuhi dan biaya ujian yang dikenakan. Adapun persyaratan yang harus disiapkan adalah 
  • 2 (Dua) Buah Foto Ukuran 3x4
  • 1 (Satu) Buah Foto Kartu Tanda Pengenal Penduduk (KTP)
  • Formulir yang diisi Lengkap (Formulir disediakan di Lokasi)
  • Bukti Pembayaran Ujian dari Bank
Sedangkan untuk biaya ujian, saat ini adalah 195$ atau sekitar hampir 2 (Dua) Juta Rupiah untuk satu kali Ujian.