Thursday, January 10, 2013

Biaya Tes IELTS - Berapa yang harus dipersiapkan

Biaya Tes IELTS - Berapa yang harus dipersiapkan sebenarnya? Seperti yang diketahui Biaya Tes IELTS untuk Tahun 2013 di Indonesia adalah 195$ atau sekitar 1.852.500 Rupiah dengan Kurs IDR 9.500. Untuk mengetahui biaya terkini dapat juga dilakukan dengan menghubungi Test Center yang ada di banyak lokasi sehingga diperoleh informasi biaya test IELTS yang paling baru.



Untuk Apa saja Biaya Tes IELTS

Kalau diperhatikan, biaya tes yang cukup besar tersebut digunakan untuk apa saja ya. Nah ini sebenarnya hal menarik yang dimiliki oleh IELTS. Ada beberapa layanan tambahan yang diberikan oleh IELTS selain melakukan test. Kita urai dulu ya biaya test IELTS itu untuk apa saja.

Pertama, Persiapan Ujian. Seperti biaya kalau ada test tentu ada proses administrasi pelayanan. Mulai dari mengumpulkan data, pemeriksaan data, pengiriman formulir, memasukan ke sistem komputer sampai proses penjadwalan. Ini semua dilakukan sebelum tes dilakukan oleh para petugas administrasi baik dari test center maupun afiliasinya.

Hal kedua adalah pelaksanaan Ujian Tertulis. Untuk melakukan ujian tentu butuh tempatkan, petugas pengawas, termasuk petugas penguji. Jadi biaya tersebut juga digunakan untuk menyewa tempat dan membayar para petugas pengawas ujian. Selain itu juga digunakan untuk menyiapkan materi pengujian, berupa penyusunan materi pengujian berupa soal, rekaman suara,  hingga sampai pengiriman hasil ujian untuk diperiksa.

Penggunaan lain adalah pelaksanaan Ujian Percakapan (Speaking Test) IELTS . Dalam ujian tertulis ini, biasanya ada seorang native yang dipilih untuk melakukan pengujian. Native ini bisa seorang laki-laki atau perempuan. Tentunya examiner ini mendapatkan bayaran atas kerja yang dilakukan dia. Kemudian ada juga alat rekam untuk menyimpan suara selama test yang akan dikirim ke pusat IELTS untuk diperiksa oleh beberapa orang lain. Nah, biaya ini juga mencakup biaya pengiriman, biaya rekaman, dan biaya pemeriksaan hasil rekaman.

Terakhir adalah Penyimpanan dan Pengiriman Hasil Tes. Nah menariknya dari tes IELTS adalah hasil ujian ini berlaku selama 2 tahun dan informasi hasil ujian tes IELTS itu disimpan selama waktu itu juga. Kedua adalah hasil ujian dapat dikiriman ke lima instansi pendidikan atau perusahaan secara gratis oleh IELTS. Sehingga peserta tes IELTS tidak perlu memfotocopy, legalisir dan mengirimkan bukti test untuk ke universitas atau perusahaan yang memintanya.


Cari Membayar Biaya Tes IELTS

Dalam melakukan pendaftaran biasanya kita diminta untuk mengisi form pendaftaran dan melakukan pembayaran ke rekening yang dituju. Bisa juga melalui afiliasi test center, sejenis lembaga pendidikan yang akan membantu untuk melakukan pembayarannya. Pembayaran dilakukan dalam satuan dollar amerika, sehingga bisa dibayar dengan dollar langsung atau dalam bentuk rupiah dengan kurs yang ditetapkan oleh lembaga pendidikan tersebut.

Cari Informasi Biaya Tes IELTS

Untuk mendapatkan informasi terkini tentang biaya Test IELTS dapat dilakukan dengan menanyakan langsung tempat pelaksanaan ujian IELTS seperti IDP, TBI, atau IALF yang ada di kota masing-masing. Atau cara lainnya adalah dengan melakukan telepon ke unit terkait.

Bisa juga informasi ini didapatkan melalui teman-teman atau kenalan yang baru saja mengikuti ujian. Biasanya  harganya tidak berubah secara drastis.

No comments:

Post a Comment